II. Pemidanaan dan Pidana Mati
- Emmanuel Kant mengatakan bahwa hukuman adalah suatu pembalasan berdasarkan atas pepatah kuno “siapa membunuh harus dibunuh”. Pendapat ini biasa disebut “teori pembalasan” (vergelding-theorie)
- Feurbach antara lain berpendapat bahwa hukuman harus dapat menakuti orang supaya jangan berbuat jahat. Teori ini biasa disebut “teori mempertakutkan” (afchrikkings-theorie).
- Penulis lain berpendapat bahwa hukuman itu dimaksudkan pula untuk memperbaiki orang yang telah berbuat kejahatan. Teori ini biasa disebut “teori memperbaiki” (verbetering-stheorie).
- Selain itu ada penulis-penulis yang mengatakan bahwa dasar dari penjatuhan hukuman itu adalah pembalasan, akan tetapi maksud-maksud lainnya (mencegah, menakut-nakuti, mempertahankan tata tertib kehidupan bersama, memperbaiki orang yang telah berbuat) tidak boleh diabaikan. Mereka adalah penganut teori yang disebut “teori gabungan” (verenigings-theorie).
- untuk menakut-nakuti orang agar jangan sampai melakukan kejahatan, baik secara menakut-nakuti orang banyak (generale preventie) maupun secara menakut-nakuti orang tertentu yang sudah menjalankan kejahatan, agar dikemudian hari tidak melakukan kejahatan lagi (speciale preventie); atau
- untuk mendidik atau memperbaiki orang-orang yang sudah menandakan suka melakukan kejahatan, agar menjadi orang yang baik tabiatnya, sehingga bermanfaat bagi masyarakat.
Berkaitan dengan tujuan hukum pidana maka kita dapat melihat pula teori hukum pidana (strafrechtctheorien) yang didasarkan pada persoalan: “Mengapa suatu kejahatan harus dikenakan suatu hukuman pidana?” atau “Mengapa alat-alat negara berhak mempidana seorang pelaku kejahatan?”.
Teori hukum pidana dapat dibagi dalam tiga golongan:
- Teori Absolut atau Mutlak (absolute strafrechtstheorien); berpendapat bahwa seseorang yang telah berbuat jahat mutlak harus mendapat hukuman yang setimpal dengan perbuatannya, jadi hukuman itu merupakan suatu pembalasan (vergelding) terhadap perbuatan jahat yang telah dilakukan.
- Teori Relatif atau Nisbi; berpendapat bahwa suatu kejahatan tidak mutlak harus diikuti dengan suatu pidana, tetapi harus dipersoalkan perlu dan bermanfaatnya suatu pidana bagi masyarakat atau bagi si penjahat sendiri. Maka harus ada tujuan lebih jauh dari pada hanya menjatuhkan pidana saja, sehingga dinamakan juga teori “tujuan” (doel-theorien). Tujuan ini pertama-tama harus diarahkan kepada usaha agar di kemudian hari, kejahatan yang telah dilakukan itu tidak terulang lagi (preventie). Teori relatif lain melihat bahwa usaha menjatuhkan pidana adalah untuk memperbaiki si penjahat agar menjadi orang yang baik.
- Teori Gabungan (Verenigings-Theorien); Teori ini disatu pihak mengakui adanya unsur “pembalasan” dalam hukum pidana, tetapi di lain pihak mengakui pula unsur “preventie” dan unsur ”memperbaiki penjahat” yang melekat pada tiap pidana.
Sebagai masyarakat modern yang beradab maka sudah selayaknya tujuan generale preventie dari suatu pidana harus lebih dipertimbangkan daripada sekedar menjadikan pidana sebagai sarana untuk membalas dendam. Hal ini misalnya terlihat pada lebih dipilihnya istilah Lembaga Pemasyarakatan oleh pembentuk undang-undang untuk menggantikan istilah Penjara. Demikian pula dengan dikembangkan sistem pemidanaan alternatif berupa “kerja sosial” yang dikembangkan di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.
Sehubungan dengan pandangan mengenai general preventie dan teori “tujuan” sebagaimana telah dikemukakan di atas, maka baik pula kita bandingkan dengan pendapat yang dikemukakan oleh Leo Polak mengenai pemidanaan. Menurut Leo Polak pidana harus memenuhi 3 syarat:
- perbuatan yang dilakukan dapat dicela sebagai suatu perbuatan yang bertentangan dengan etika, yaitu bertentangan dengan kesusilaan dan tata hukum obyektif (objective betreurenswaardigheid).
- Hukuman hanya boleh memperhatikan apa yang sudah terjadi. Hukuman tidak boleh memperhatikan apa yang mungkin akan atau dapat terjadi. Jadi, hukuman tidak boleh dijatuhkan dengan suatu maksud prevensi. Sebabnya syarat ini? Umpamanya dijatuhkan dengan maksud prevensi, maka adalah kemungkinan besar penjahat diberi suatu penderitaan (onlust) yang beratnya lebih dari pada maksimum yang menurut ukuran-ukuran objektif boleh diberi kepada penjahat.
- Sudah tentu, beratnya hukuman harus seimbang dengan beratnya delik. Beratnya hukuman tidak boleh melebihi beratnya delik. Hal ini perlu supaya penjahat tidak dihukum secara tidak adil! Harus ada suatu ‘verdiend leed’, tidak kurang tetapi juga tidak lebih. (E. Utrecht, 1958, hlm: 168)
Dalam pandangan pendukung pidana mati, pidana mati merupakan suatu pidana yang tepat untuk suatu kejahatan yang dianggap sangat kejam. Dalam hal ini pidana mati tidak dilihat semata-mata sebagai suatu alat untuk menakut-nakuti calon-calon pembunuh berencana. Pidana mati hendaklah dianggap sebagai reaksi dan manifestasi rasa muak dari sebahagian besar masyarakat terhadap suatu kejahatan tertentu.
Abad ke-20 adalah abad pasang naik bagi mereka yang memperjuangkan penghapusan pidana mati. Terutama setelah Perang Dunia II gerak dan langkah serta usaha-usaha menghapuskan pidana mati makin berkembang. Kalau semua gerak dan langkah serta usaha itu bersifat pribadi dan lokal, setapak demi setapak ia berkembang mencapai tingkat nasional, bahkan pada akhirnya menggugah perhatian dan hati nurani dunia internasional sehingga sampai diperdebatkan dalam forum internasional.
Kini pada umumnya alasan-alasan penghapusan pidana mati berdasarkan pertimbangan faktor-faktor serta alasan-alasan teologis praktis sudah tidak menampakkan diri lagi. Pemikiran secara filosofis dan metafisis tentang arti dan tujuan pidana mati sudah kurang mendapat pasaran. Sebaliknya pemikiran dan argumentasi secara pragmatis, realistis dan praktis makin menonjol. Hal ini nampak didorong oleh usaha-usaha penelitian yang hendak membuktikan dengan statistik bahwa pidana mati sama sekali tidak berpengaruh terhadap penurunan ataupun kenaikan angka-angka kejahatan.
Berdasarkan data penelitian di berbagai tempat yang dikumpulkan oleh Departemen Economic and Social Council (ECOSOC), ditarik kesimpulan bahwa tidak ada pelonjakan dalam angka kejahatan dengan dihapuskannya pidana mati. Bahkan kadangkala terjadi restorasi pidana mati malahan menyebabkan bertambahnya kejahatan dan restorasi pidana mati tidak memberi jaminan tidak timbulnya kemungkinan bahwa seseorang yang tidak bersalah tidak dipidana mati.
Di samping itu ada masalah lain yang perlu diperhatikan juga, yaitu perbuatan pidana yang manakah yang dianggap begitu antisosial atau demikian jahatnya dalam skema nilai-nilai sosial, dalam klasifikasi kejahatan, sehingga harus dipertaruhkan dengan ancaman pidana mati? Aspek korelasi antara “klasifikasi” dan “ancaman” ini sudah barang tentu bertalian erat dengan norma-norma dan nilai-nilai serta struktur politik, sosial, ekonomi dan budaya dalam masyarakat yang bersangkutan.
- Hukuman mati
- Hukuman penjara
- Hukuman kurungan
- Hukuman denda
b. Pidana tambahan:
- Pencabutan beberapa hak yang tertentu
- Perampasan barang yang tertentu
- Pengumuman keputusan Hakim
- Pasal 104 KUHP: Makar membunuh kepala Negara;
- Pasal 111 ayat (2) KUHP: Mengajak Negara Asing untuk menyerang Indonesia;
- Pasal 124 ayat (3) KUHP: Memberikan pertolongan kepada musuh pada saat Indonesia dalam keadaan perang;
- Pasal 140 ayat (4) KUHP: Membunuh kepala Negara sahabat;
- Pasal 140 ayat (3) dan Pasal 340 KUHP: Pembunuhan yang direncakan lebih dahulu;
- Pasal 365 ayat (4) KUHP: Pencurian dengan kekerasan oleh dua orang atau lebih bersekutu pada waktu malam hari dengan cara membongkar dan sebagainya, yang mengakibatkan seseorang mengalami luka berat atau mati;
- Pasal 444 KUHP: Pembajakan di laut, di pesisir, di pantai dan di kali, sehingga mengakibatkan orang mati ;
- Pasal 124 bis KUHP: Dalam waktu perang menganjurkan huru-hara, pemberontakan dan sebagainya antara pekerja-pekerja dalam perusahaan pertahanan negara ;
- Pasal 127 dan 129 KUHP: Dalam waktu perang menipu waktu menyampaikan keperluan angkatan perang;
- Pasal 368 ayat (2) KUHP: Pemerasan dengan pemberatan ;
Berdasarkan Pasal 11 KUHP eksekusi hukuman mati dijalankan oleh seorang algojo di tempat penggantungan dan menjatuhkan papan tempat orang itu berdiri.
Berdasarkan pandangan bahwa ketentuan pelaksanaan pidana mati sebagaimana tersebut dalam Pasal 11 KUHP tidak sesuai lagi dengan perkembangan keadaan serta jiwa masyarakat Indonesia, maka dengan Penpres No. 2 Tahun 1964 pelaksanaan pidana mati dilakukan dengan ditembak sampai mati di suatu tempat di dalam daerah hukum pengadilan yang menjatuhkan putusan dalam tingkat pertama, dengan ketentuan–ketentuan antara lain sebagai berikut :
- Waktu dan pelaksanaannya ditentukan oleh Kepala Kepolisian Daerah (KAPOLDA) tempat kedudukan Pengadilan tersebut, setelah mendengar nasehat dari Kepala Kejaksaan Tinggi (KAJATI)/Jaksa yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pidana mati itu.
- KAPOLDA atau perwira yang ditunjuk olehnya bersama-sama dengan KAJATI/Jaksa yang bertanggung jawab, juga penasehat hukum terpidana atas permintaannya sendiri atau permintaan terpidana, menghadiri pelaksanaan pidana mati itu.
- Terhukum diberitahukan tentang akan dilaksanakan pidana mati itu oleh KAJATI/Jaksa tiga kali dua puluh empat jam sebelum saat pelaksanaan, dan kepada terpidana diberikan kesempatan untuk mengemukakan suatu keterangan atau pesan pada hari-hari terakhir. Apabila terhukum adalah seorang wanita sedang hamil maka pelaksanaan pidana mati baru dilakukan empat puluh hari setelah anaknya dilahirkan.
- Untuk pelaksanaan pidana mati itu KAPOLDA tersebut membentuk sebuah regu penembak, semuanya dari Brigade Mobil, terdiri dari seorang dari seorang Bintara, dua belas orang Tamtama, di bawah pimpinan seorang Perwira, untuk tugasnya ini regu tembak tidak mempergunakan senjata organiknya, dan sampai selesainya tugas itu regu penembak ini berada di bawah perintah KAJATI/Jaksa.
- Pidana mati dilaksanakan tidak dimuka umum dengan cara sesederhana mungkin, kecuali ditetapkan lain oleh Presiden.
- Pidana Mati dilaksanakan oleh regu tembak dengan menembak terpidana sampai mati;
- Pelaksanakan pidana mati tidak dilaksanakan di muka umum;
- Pidana mati tidak dijatuhkan kepada anak di bawah umur delapan belas tahun;
- Pelaksanaan Pidana mati terhadap wanita hamil atau orang sakit jiwa ditunda sampai wanita tersebut melahirkan atau orang sakit jiwa tersebut sembuh;
- Pidana mati baru dapat dilaksanakan setelah ada persetujuan Presiden dan Penolakan Grasi oleh Presiden;
- Pelaksanaan pidana mati dapat ditunda dengan masa percobaan selama sepuluh tahun, jika reaksi masyarakat terhadap terpidana mati terlalu besar, terpidana menunjukkan rasa menyesal dan ada harapan untuk memperbaiki, kedudukan terpidana dalam penyertaan tindak pidana tidak terlalu penting, ada alasan meringankan. Jika terpidana selama masa percobaan menunjukkan sikap dan perbuatan yang terpuji, maka pidana mati dapat diubah menjadi pidana seumur hidup dan pidana penjara paling lama dua puluh tahun dengan keputusan menteri kehakiman.
- Jika terpidana selama masa percobaan tidak menunjukkan sikap dan perbuatan yang terpuji tidak ada harapan untuk memperbaiki maka terpidana mati dapat dilaksanakan atas perintah Jaksa Agung.
- Jika setelah permohonan Grasi ditolak, pelaksanaan pidana mati tidak dilaksanakan selama sepuluh tahun bukan karena terpidana melarikan diri maka terpidana mati tersebut dapat diubah menjadi pidana seumur hidup dengan Keputusan Menteri Kehakiman.
(Bambang Waluyo, 2000, hlm: 14-15).
«KISAH SUKSES HERI »
Aslamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang properti, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, istri pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir dari Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Untuk yg di luar indon telefon di +6285298275599,Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.
PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB
PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA
BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA
RITUAL ANGKA TOGEL
Sy tidak tau apa ini cara kebetulan saja atau gimana. Yg jelas sy berani sumpah kalau ada ke bohongan sy sama sekali. Kebetulan saja buka internet dpt nomer ini +6282354640471 Awalnya memang sy takut hubungi nomer trsebut. Setelah baca-baca artikel nya. ada nama Mbah Suro katanya sih.. bisa bantu orang mengatasi semua masalah nya. baik jalan Pesugihan dana hibah maupun melalui anka nomer togel. Setelah sy telpon melalui whatsApp untuk dengar arahan nya. bukan jg larangan agama atau jalan sesat. Tergantung dari keyakinan dan kepercayaan saja. Syukur Alhamdulillah melalui bantuan beliau benar2 sudah terbukti sekarang. Amin
BalasHapus